Sekilas Perusahaan

PT. Finnet Indonesia didirikan pada tanggal 31 Oktober 2005 dengan 60% saham dimiliki oleh PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. ( Cq. PT. Multimedia Nusantara ) dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia (Cq. PT. Mekar Prana Indah ) sebesar 40%.

Awal fokus bisnis PT Finnet Indonesia adalah sebagai penyediaan infrastruktur TI, aplikasi & konten untuk melayani kebutuhan sistem informasi dan transaksi keuangan bagi industri perbankan dan jasa keuangan lainnya, Pada tahun 2006 merupakan tonggak dimulai nya aktifitas bisnis PT. Finnet Indonesia secara operasional.  bekerjasama dengan beberapa kemitraan dibangun dengan pihak BNI untuk penyelenggaraan TelkomVision Online payment dengan system Host to host. Kerjasama dengan Decillion untuk layanan Swift Service Beraeu, Finnet sebagai local partner layanan pengiriman uang ke negara lain dengan menggunakan swiftnetwork. kerjasama dengan Univesitas Indonesia untuk layanan PIN Generator dalam rangka registrasi Mahasiswa. Memasuki tahun 2007, PT. Finnet Indonesia mulai terbentuk portfolio product dan semakin memperluas kerjasama beberapa mitra dan memanfaatkan kerjasama sinergi Telkom Group. Sehingga pada tahun 2008  PT. Finnet Indonesia telah sukses mengembangkan perluasan layanan dibidang transaksi keuangan yang beragam sesuai dengan perkembangan kemajuan teknologi, keperluan transaksi pembayaran sehingga Finnet mampu menghadirkan produk guna mewujudkan sistem pembayaran terpadu, dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran secara elektronik, yang memiliki cakupan yang luas, aman dan simpel. Tahun 2014 PT. Finnet Indonesia memiliki 3 portofolio bisnis yang pertama Aggregator pembayaran tagihan (Bill Payment Aggregator), Platform pembayaran elektronik (Electronic Payment Platform) dan Solusi pembayaran online.

Ditahun ke-Empat sejak berdirinya (tahun-2009) Finnet mendapatkan Sertifikat ISO 9001;2008 dari TUV Rheinland Cert Gmbh dalam ACA Telkom dan pada tahun 2010 mendapat Sertifikasi ISO 9001, ISO 27001 dan PCI DSS untuk layanan Electronic Data Capture (EDC) dan Internet Payment Gateway.  

Visi & Misi

Visi Perusahaan

Menjadi Penyelenggara Layanan Sistem Pembayaran Elektronik yang terkemuka di Indonesia dan Berskala Global.   

Misi Perusahaan

Menyediakan Layanan Solusi Terpadu Transaksi Finansial Elektronik Aman dan Terpercaya Untuk Sektor Keuangan dan Sektor Lainnya yang Berkaitan

Dewan Komisaris & Direksi

Assalamu’alaikum Wr.Wb., Salam Sejahtera untuk kita semua. Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME, karena atas karunia dan rahmat-Nya yang telah diberikan kepada kami PT Finnet Indonesia (Finnet).

Selain ucapan syukur kami atas segala keberhasilan yang telah kami raih, kami selaku dari jajaran Management & Komisaris Finnet, tetap terus berusaha keras untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan bagi pelanggan setia kami. Melihat tingginya angka pertumbuhan dalam transaksi pembayaran yang terjadi dewasa ini, menyadarkan kami akan pentingnya suatu sistem yang mampu memfasilitasi segala jenis pembayaran yang lebih efektif dan efisien bagi para pengguna. 

Semoga dengan keberhasilan kami saat ini, akan terus semakin banyak masyarakat yang menggunakan layanan transaksi pembayaran secara elektronik dari Finnet.

( Niam Dzikri - Direktur Utama PT Finnet Indonesia )   



Dewan Direksi

Niam Dzikri

Direktur Utama

Menjabat sebagai Direktur Utama sejak bulan Maret 2015. Sebelumnya beliau menjabat sebagai Senior Manager Planning & Performancy PT.TELKOM dan di tahun 2012 - 2015 sebagai Direktur Business & Service PT. Finnet Indonesia.
Lahir di Salatiga tanggal 8 Mei 1965 dan menyelesaikan Pendidikan Pasca Sarjana (Magister) di ITB Bandung. 

Abdul Hadi

Direktur Finance & Business Support

Menjabat sebagai Direktur Finance & Business Support sejak bulan Maret 2015.  Sebelum bergabung di Finnet, menjabat sebagai AVP Strategic Budgeting & Investment di PT. TELKOM.

Lahir di Bojonegoro, tanggal 20 Juli 1971, menyelesaikan sarjana Teknik Industri di Sekolah Tinggi Teknologi Telkom (Telkom University) dan Magister Finance di Universitas yang sama di tahun 2003.  


Syaiful Rahim

Direktur Business & Services

Menjabat sebagai Direktur Busines & Service sejak Maret 2015, sebelumnya beliau menjabat sebagai VP. Development & Infrastructure PT. Finnet Indonesia periode 2012 - 2015.

Lahir di Bandung tanggal 14 April 1974, menyelesaikan pendidikan Master Sains Ilmu Manajemen Universitas Paramadina.



Dewan Komisaris


 

Rusli Sembiring 

Komisaris Utama

Menjabat sebagai Komisaris Utama sejak Juni 2017, sebelumnya beliau pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Mekar Prana Indah pada tahun 2014 sampai Mei 2017
Lahir di Karo-Sumut, menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Hukum-Universitas Katholik Parahyangan, Bandung dan S2 di Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik-Universitas Indonesia, Jakarta. 


Sihmirmo Adi

Dewan Komisaris

Menjabat sebagai Dewan Komisaris sejak bulan Juni 2016 disamping itu, saat ini beliau menduduki jabatan struktural sebagai Vice President IT & Solution PT.TELKOM.
Lahir di Tulungagung tanggal 22 Juni 1964, beliau menyelesaikan sarjana S1 jurusan Elektro-Komputer Institut Teknologi Sepuluh November.


Ilmianto 

Dewan Komisaris

Menjabat sebagai Komisaris Utama sejak Juni 2017 disamping itu, saat ini beliau menduduki jabatan struktural sebagai VP Enterprise Business Development, Direktorat EBIS PT TELKOM.
Lahir di
Semarang tanggal 1 September 1961, beliau menyelesaikan sarjana S2 jurusan Project Management, Curtin University Perth.

Mirza Budiwan

Dewan Komisaris

Menjabat sebagai Dewan Komisaris sejak bulan Juni 2014 disamping itu beliau menjabat sebagai Vice President Channel Management PT.TELKOMSEL
Lahir di Belitung tanggal 09 April 1969.
 

Tonggak Sejarah

·

2006 Pada tahun 2006, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) dan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia membentuk Joint Venture Company (JVC) PT. Finnet Indonesia (Finnet) yang secara khusus menangani portofolio bisnis solusi Layanan Transakasi Pembayaran. Kerjasama dengan Bank DKI untuk membangun transjakarta e-ticketing koridor 1 dengan nama JakCard
2007 Di tahun ini untuk pertama kalinya Finnet memulai bisnisnya sebagai Payment Switching untuk pembayaran tagihan TELKOM
2008 Finnet mendapatkan lisensi Acquirer APMK (Alat Pembayaran Menggunakan Kartu) Debit yang diterbitkan oleh Bank Indonesia
2009 Secara resmi Finnet menyediakan layanan Payment Aggregator untuk tagihan pembayaran Telkomsel (Kartu Halo) di tahun yang sama, Finnet mulai menyediakan Clearing and Settlement Operation untuk link Himbara
2010 Finnet meluncurkan layanan Finpay sebagai Internet Payment Gateway, sebuat sistem yang dipersiapkan untuk para Merchant online dalam melakukan pembayaran secara online di web portalnya Layanan FinChannel dan Mobile Cash diluncurkan pada tahun ini
2011 Finnet mengembangkan platform eMoney di tahun ini untuk transaksi online
2012 Finnet mulai mengembangkan platform eMoney yang lain yaitu untuk transaksi offline
2013 Finnet menjadi salah satu switcher untuk voucher pulsa handphone sebagai program nasional yang dimotori oleh Telkomsel

2014
Mendapat lisensi PCIDSS compliance, sebagai syarat keamanan data transaksi pemegang kartu kredit & Debit.
Implementasi layanan e-Kiosk KEMENKUMHAM
Finnet menjadi member ALTO sebagai acquirer, issuer & Beneficiery
Finnet Melakukan ekspansi remittance internasional di Taiwan, Jepang & Malaysia dengan menggandeng PEGADAIAN sebagai mitra cash out point domestik.
Finnet mendapat penghargaan the best performance financial 2014 TelkomMetra 

2015
Pengembangan layanan vending machine tiket KAI untuk pembelian tiket secarra mandiri
Menjadi aggregator Telkomsel prepaid pada channel bank
Menjadi penyedia acquirer tcash tap
Layanan phri di papua
Menjadi penyedia switching BTN untuk layanan pembayaran BPJS KS
Penyedia aplikasi LAKUPANDAI untuk BTN
Goes to Capital Market dengan menerbitkan MTN Finnet 2015
Finnet mendapat penghargaan the best revenue contributor 2015 TelkomMetra 

2016
Payment service untuk Telkomsel Corporate Customer.
Support Smart City Solution di Bekasi.
Pemasangan Stasiun Pulsa di area publik.
Launching Finpay Link dan Finpay Invoice untuk UKM Goes Digital.
Membuka layanan pembayaran iuran BPJS KS di Indomaret.
Penyedia CUG Payment and Loyalty Program PTPR.
Penyedia layanan BUMN Card dan Loyalty Platform.
Remittance Cash to Bank BNI & BRI.
Boarder Payment Gateway Indonesia - China, PayEase.