Telkom Group Tawarkan Solusi Digital Di Purwakarta

Jakarta – Mengusung semangat synergi Telkom Group untuk mendigitalkan Indonesia, PT Finnet Indonesia (Finnet), Infomedia, Telkom Metra dan Telkom Indonesia berkunjung ke Pemerintah Kabupaten Purwakarta guna membicarakan solusi digitalisasi daerah Purwakarta.

Direktur Utama Telkom Metra Otong Iip, Direktur Business & Marketing Finnet Syaiful Rahim hadir bersama Direktur Marketing & Sales Infomedia Andang Ashari, Deputy EVP Telkom DGS Indrawan Ditapradana, GM Witel Karawang, Purwakarta, Subang Ferry Zuljanna dan tim. PLT Bupati Purwakarta M. Taufiq B. Santoso bersama Sekretaris Daerah Purwakarta Ruslan Subanda, Kepala Badan Pendapatan Daerah Purwakarta dan jajaran Kepala Dinas Purwakarta menyambut rombongan Telkom Group di Bale Nagari Komplek Seda Purwakarta Rabu(4/7).

Dalam pertemuan ini Metra dan Finnet menawarkan solusi digitalisasi pengelolaan dan collection pajak di lingkungan pemerintah Purwakarta seperti E-PHRI, E-PBB, E-Retribusi, E-Ticketing, E-BPHTB dan pajak lainya. Obejektif yang disasar antara lain :

1. Implementasi pengelolaan pajak yang lebih baik untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

2. Memberikan transparansi atas tranksaksi yang terjadi, mendapatkan update secara realtime dan mempercepat collection pajak.

3. Membantu masyarakat dengan lebih leluasa, lebih mudah, lebih cepat melakukan pembayaran berbagai layanan yang berhubungan dengan pajak.

M. Taufiq B. Santosa menyampaikan bahwa harapannya dengan implementasi e-tax mampu mendorong pertumbuhan dan pendapatan Purwakarta. “Saat ini pendapatan asli Purwakarta 73% berasal dari dana perimbangan pusat dan provinsi Jawa Barat. 27% didapat dari pendapatan asli daerah diantaranya pendapatan dari pajak. Sekitar 400M menjadi target pendapatan daerah Purwakarta. Oleh sebab itu kami bersemangat sekali untuk mengimplementasikan solusi e-tax ini” sambutnya.

“Layanan e-Tax untuk pemerintah Kota dan Kabupaten maupun layanan command center dan contact center telah di implementasikan di beberapa tempat. Khusus untuk implementasi e-Tax telah di implementasikan di Solo, Jayapura, Banjarmasin dan DKI Jakarta. Alhamdulilah melalui implementasi e-tax tersebut terbukti mampu meningkatkan pendapatan asli daerah.” Demikian dijelaskan Direktur Utama Metra Otong Iip.

Berikutnya masih di bulan Juli Pemerinta Kabupaten Purwakarta akan menjadwalkan penandatanganan MoU dengan Telkom dan di awal Juli akan ada launching layanan Contact Center antara Pemerintah Kabupaten Purwakarta dengan Infomedia.