Mobile Cash Dukung Platform Emoney Mobile Apps BPJS Kesehatan

Jakarta – PT Finnet Indonesia bersama BPJS Kesehatan mengadakan sosialisasi pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui e-Money  Mobile Cash (MC) di aplikasi Mobile JKN. Bertempat di Hotel Bidakara, kegiatan berlangsung selama dua hari (8-9/11). VP Multibiller & Remittance Finnet Yolans Papasi membuka acara tersebut yang dihadiri oleh mitra Bank Himbara, Mitra-Mitra Retail, dan mitra Merchant Online yang telah bekerjasama dengan Finnet.

Yolans menjelaskan, Finnet bersama BPJS Kesehatan akan membangun layanan emoney MC sebagai fitur cara pembayaran BPJS Kesehatan di aplikasi Mobile JKN, “Saat ini aplikasi Mobile JKN baru dapat melayani pendaftaran dan pengecekan kepesertaan. Setelah berkolaborasi dengan MC milik Finnet, peserta BPJS Kesehatan dapat melakukan pembayaran iuran melalui aplikasi Mobile JKN”. “Inti dari sosialisasi adalah mensolusikan integrasi layanan topup aplikasi Mobile JKN melalui kanal mitra Himbara, Mitra-Mitra Retail dan Merchant Online.” tambahnya.

BPJS Kesehatan yang diwakili Kedeputian Bidang Manajemen Iuran PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah) Agung Dermawan dalam presentasinya berjudul The Next Payment Methode of BPJS Kesehatan menjelaskan secara detil tentang aplikasi Mobile JKN. “Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk transformasi digital layanan BPJS Kesehatan, yang semula berupa kegiatan administratif di kantor cabang atau fasilitas kesehatan, kini ditransformasi ke dalam bentuk aplikasi” jelas Agung. Agung menambahkan, metode pembayaran yang digunakan BPJS Kesehatan saat ini masih didominasi menggunakan pembayaran tunai yang diterima melalui channel pembayaran BPJS Kesehatan, “Kami akan melakukan perubahan bertahap untuk digitalisasi layanan, harapan kami dengan mobile JKN mampu men-autodebit-kan iuran BPJS Kesehatan. Hal ini dapat mempermudah kami melakukan pengelolaan dan pelayanan” tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Project Solution Expert Finnet Anugrah Shaputra menjelaskan MC produk emoney Finnet, “MC atau Mobile Cash merupakan platform emoney milik Finnet yang mampu di integrasikan ke aplikasi seperti Mobile JKN. Saat ini MC lebih dikenal oleh segmen korporasi.” jelasnya. “Kita membangun komunitas emoney untuk  B2B. Dengan kapabilitas Finnet, kami yakin bersama BPJS Kesehatan mampu mengembangkan aplikasi mobile JKN untuk membangun cashless society” tambahnya. Anugrah menargetkan awal Desember 2018 mitra Bank Himbara, Mitra-Mitra Retail dan Merchant Online dapat melakukan integrasi topup untuk aplikasi Mobile JKN.