Finnet Dukung Koperasi Berbisnis Memasuki Era Fintech

Jakarta -  Dalam rangka mengembangkan dan memperkuat jaringan usaha Koperasi, Kementerian Koperasi menggandeng Finnet untuk mendukung mengembangkan layanan Koperasi. Layanan tersebut akan membuka lembaran baru bagi Koperasi dalam memasuki Era Financial Technologi (fintech) dan memperkuat jaringan usaha Koperasi. Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kedua belah pihak terlaksana dikantor Kementerian Koperasi (10/1), Niam Dzikri selaku Direktur Utama Finnet dan Braman Setyo selaku Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM mengambil peran penting dalam event tersebut.

”Merupakan kebanggaan bagi Finnet telah dapat bersinergi dengan Kementerian Koperasi untuk berkarya bagi negeri.” sambut Niam di sela-sela penandatanganan berlangsung. Niam menambahkan Fintech saat ini sudah banyak diterapkan oleh perbankan dalam bentuk penyediaan internet banking, mobile dan lainnya. “Koperasi harus tidak boleh kalah dari perbankan, kita akan membantu Koperasi di seluruh Indonesia agar berbasis teknologi dan digital”.

Braman Setyo mengatakan saat ini Koperasi di Indonesia dihadapi oleh tantangan globalisasi, persaingan antara lembaga keuangan yang memanfaatkan teknologi informasi menjadi semakin ketat. “Dengan penerapan fintech ini diharapkan anggota Koperasi lebih percaya menyiman uangnya di Koperasi yang mereka miliki sendiri. Yang pada akhirnya akan membawa benefit bagi perkembangan usaha Koperasi.” Braman Setyo.

Kerjasama antara Finnet dengan Kementerian Koperasi ini tidak berhenti pada layanan PPOB saja namun akan ada pegembangan untuk layanan e-Money baik online maupun offline, layanan point reward platform dan loyalty program dari Kementerian Koperasi, penyedia layanan e-commerce pengembangan ruang lingkup bisnis fintech bagi Koperasi berdasarkan kesepakatan para pihak dan kerjasama penyediaan platform untuk penyaluran kredit mikro dan penyaluran bantuan pemerintah bagi Koperasi.

Finnet merupakan anak usaha Telkom bergerak di bisnis electronic payment provider sejak tahun 2006. Tiga portofolio bisnis milik Finnet yaitu Bill Payment Aggregator, Electronic Payment Platform, Online Payment Solution. Khusus untuk Bill Payment Aggregator Finnet telah terkoneksi dengan 33 biller lingkup nasional.

Hadir Direktur Business & Service Finnet Syaiful, jajaran managemen Kementerian Koperasi, perwakilan Koperasi dan rekan-rekan media.